Rabu, 27 Maret 2013

Perpustakaan SD Mutual Terbaik se-Magelang


MAGELANG SELATAN  SD Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) meraih juara 1 dalam perlombaan Perpustakaan Sekolah tingkat SD/MI se-Kota Magelang.

Perpustakaan yang baru berumur  3 bulan atau tepat tanggal 8 Desember 2012 diresmikan oleh Prof. Dr. Din Syamsudin (ketua Umum PP. Muhammadiyah)  tersebut telah menunjukkan /menorehkan prestasi dengan nilai yang sangat memuaskan. Kepala SD Mutual, Salamun merasa bangga atas diraihnya prestasi tersebut. Menurut dia, prestasi tersebut merupakan efek dari keseriusan pihak sekolah dalam memberikan pelayanan terbaik kepada siswanya.

“Kami hanya berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi para siswa, terutaman dalam kebutuhan akan ruang perpustakaan beserta buku-bukunya. 

Jika mendapat juara adalah efek dari hal tersebut, dan tentunya kami sangat bangga,” tutur Salamun dan akan menjadi pemacu dan pemiku untuk terus meningkatkan pelayanan dan menambah koleksi bahan-bahan bacaan serta membuat kegiatan promosi minat baca agar anak-anak semakin senang untuk berkunjung ke perpustakaan.

Penilaian lomba perpustakaan tersebut dilaksanakan oleh Perpustakaan Daerah Kota Magelang dari 20 Februari sampai 3 Maret lalu. Dan untuk juara pertama akan dikirim untuk mewakili Kota Magelang di tingkat Karesiden Kedu besok tanggal 12 April 2013

Sedangkan criteria penilaiannya adalah gedung/ruang, koleksi, ketenagakerjaan, administrasi, perabot, pengolahan dan pelayanan, anggaran dan yang terakhir adalah situasi umum.

Kepala Perpustakaan SD Mutual, Joko Adi Yunarto, mengatakan, perpustakaan tersebut mempunyai berbagai koleksi. Koleksi buku perpustakaan SD Mutual adalah 5150 judul buku fiksi 7077 eksemplar, 3121 judul buku non fiksi 3398 eksemplar, 300 judul buku referensi 1977 eksemplar, 6 judul majalah 531 eksemplar, 3 judul surat kabar 752 eksemplar, kliping 350 judul 350  eksemplar, Audio visual kaset 10 judul 10 eksemplar, CD/VCD/DVD 350 judul 559 eksemplar dan fasilitas komputerisasi serta ruangan yang nyaman.

“Dengan pelayanan dan koleksi yang lengkap serta ruangan yang nyaman dapat menumbuhkan minat baca siswa, karena hal tersebut merupakan tujuan dari sebuah perpustakaan,”ucap joko.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar